Opini Bareng BBI 2015 : Ekspektasi

Tahun ini BBI memiliki event baru, yaitu Opini Bareng 2015. Dan untuk bulan Januari ini temanya Ekspektasi =)


Don't judge the book by its cover!
Prinsip itu aku terapkan dalam memilih novel. Ilustrasi yang menarik memang enak dipandang mata, tapi kualitas bacaan tetap yang paling utama.

Biasanya aku memiliki ekspektasi berdasarkan :

1. Genre
Genre favoritku historical romance, romance, fantasi, dan detektif.

Novel-novel historical romance karangan Eloisa James memenuhi ekspektasiku, terutama tetralogi Essex Sister! Tess, Annabel, Imogen, dan Josie. Tokoh favoritku Tess yang dewasa dan Imogen yang sangat emosional =) Eloisa James memiliki gaya bahasa yang lugas dan tidak membosankan. Selalu ada selipan sastra di karya-karyanya.


Untuk novel romance, aku suka sekali novel-novel terbitan Haru. Favoritku ialah Cheeky Romance yang sesuai ekspektasi, romance bercampur komedi. Sukses bikin tertawa ^.^



Yang unik ialah genre fantasi! Biasanya kisah fantasi berseri dan terdiri atas 3 novel. Novel pertama dan kedua terasa sangat bagus, tapi entah mengapa, ending kisah di novel terakhir biasanya tidak semencekam awal kisah!
Hal tersebut aku alami ketika membaca seri Hex Hall, the Divergent, dan The Maze Runner, tapi tetap saja menghibur =)




Genre detektif selalu memuaskan. Agatha Christie, Sir Arthur Conan Doyle, maupun Robert Galbraith, masing-masing mempunyai pesona tersendiri dalam mengungkapkan kasus kejahatan! Agatha Christie dengan analisis psikologisnya, Sir Arthur Conan Doyle dengan analisis kronologis kejahatan yang terperinci, dan Robert Galbraith yang pandai memainkan twist.


Masterpiece sekaligus novel terakhir Agatha Christie yang berjudul Tirai, benar-benar memenuhi ekspektasi. Pembunuhan yang sangat pintar karena sang pembunuh tidak pernah mengotori tangannya sendiri. Ia seorang psikopat sejati yang pandai mendorong orang lain untuk membunuh yang lainnya!



2. Pengarang

Aku jatuh cinta pada novel-novel karangan John Green. Sejauh ini aku belum pernah kecewa dengan karangannya. Gaya bahasanya filosofis dan bermakna.




3. Review

Biasanya aku membeli novel-novel dari pengarang yang belum pernah aku baca hasil karangannya berdasarkan review blogger buku. Aku membaca dan membandingkan review satu judul dari tiga blogger. Setelah itu, baru aku memutuskan untuk membeli tidaknya. Hal itu aku terapkan ketika membeli Days of the Blood and Starlight. Aku suka sekali kekelaman kisahnya =)


Juga ketika membeli dan membaca seri the Infernal Devices karangan Cassandra Clare yang terdiri dari 3 judul, yaitu Clockwork Angel, Clockwork Prince, dan Clockwork Princess, sesuai dengan ekspektasi. Sihir, cinta, petualangan, persahabatan, pertempuran antara nephilim melawan makhluk kegelapan Dunia Bawah. Gaya bahasanya enak dibaca, tidak membosankan =)


Pokoknya dalam memilih novel, utamakan hal-hal apa yang kita sukai =)

Komentar

Popular Posting